loading...

Bagaimana cara appraisal menentukan nilai properti ?

Administrator 30/05/2021
Share:

Appraisal Properti atau Penilai Properti dalam pelaksanaannya menggunakan Pendekatan Penilaian yang merupakan landasan proses penilaian dilengkapi dengan metode penilaian dari masing-masing pendekatan yang digunakan baik di dalam mengestimasikan Nilai Pasar maupun selain Nilai Pasar. Tiga pendekatan yang dijelaskan dan didefinisikan dalam Konsep dan Prinsip Umum Penilaian pada Standar Penilaian Indonesia merupakan pendekatan utama yang digunakan didalam proses penilaian:

  1. Pendekatan Pasar 
    Dalam penilaian properti dengan pendekatan pasar metode yang digunakan umumnya adalah metode perbandingan data pasar, dimana untuk menghasilkan indikasi nilai adalah dengan cara membandingkan aset yang dinilai dengan aset yang merupakan data pembanding, dimana informasi harga transaksi atau penawaran tersedia. Dalam Pendekatan Pasar, langkah pertama adalah mempertimbangkan harga yang baru saja terjadi di pasar dari transaksi. Jika transaksi terakhir yang telah terjadi hanya sedikit atau tidak ada, dapat dipertimbangkan dengan menggunakan harga yang ditawarkan (untuk dijual) atau yang terdaftar (listed), relevansinya dengan informasi itu perlu diketahui secara jelas dan dengan seksama, dilakukan dianalisis mulai dari karakteristik transaksi maupun karakteristik properti.
     
  2. Pendekatan Pendapatan
    Pendekatan Pendapatan menghasilkan indikasi nilai dengan mengubah arus kas dimasa yang akan datang ke nilai kini. Pendekatan ini mempertimbangkan pendapatan yang akan dihasilkan aset selama masa manfaatnya dan menghitung nilai melalui proses kapitalisasi. Kapitalisasi merupakan konversi pendapatan menjadi sejumlah modal dengan menggunakan tingkat diskonto yang sesuai. Arus kas dapat diperoleh dari pendapatan suatu kontrak atau beberapa kontrak atau bukan dari kontrak; misalnya keuntungan yang diantisipasi akan diperoleh dari penggunaan atau kepemilikan suatu aset. 

    Pada umumnya pendekatan pendapatan di aplikasikan untuk properti yang bersifat komersil atau memiliki potensi pendapatan dengan metode yang digunakan adalah Metode Diskonto Arus Kas (DCF), dalam metode DCF arus kas yang diproyeksikan didiskontokan kembali ke tanggal penilaian, menghasilkan nilai kini dari aset.
     
  3. Pendekatan Biaya
    Dalam pendekatan biaya pada umumnya menggunakan metode biaya pengganti untuk menghasilkan indikasi nilai dengan menggunakan prinsip ekonomi, dimana pembeli tidak akan membayar suatu aset lebih daripada biaya untuk memperoleh aset dengan kegunaan yang sama atau setara, pada saat pembelian atau konstruksi. kecuali ada faktor waktu yang tidak wajar, ketidaknyamanan, risiko atau faktor lainnya. Umumnya properti yang dinilai akan kurang menarik dikarenakan faktor usia atau sudah usang, dibandingkan dengan aset alternatif yang baru dibeli atau dibangun. Untuk hal ini, diperlukan penyesuaian karena adanya perbedaan biaya dengan aset alternatif, tergantung pada Dasar Nilai yang diperlukan.

    Proses dalam pendekatan biaya dengan metode biaya pengganti adalah dengan melakukan perhitungan biaya reproduksi baru atau biaya pengganti baru untuk spesifikasi properti yang dinilai, dan untuk indikasi nilai dilakukan dengan cara disesuaikan untuk kerusakan fisik dan seluruh bentuk keusangan yang relevan. Setelah penyesuaian tersebut, biaya ini disebut sebagai Biaya Pengganti Terdepresiasi (Depreciated Replacement Cost).

Adapun perihal pendekatan yang digunakan penilai dapat menggunakan satu atau dua pendekatan tergantung dari data yang ada, dimana data - data dalam setiap pendekatan tetap berdasarkan pasar.


cariaset adalah situs jual beli aset atau properti gratis dan memberikan informasi kisaran harga wajar properti anda.

KONTAK
DISCLAIMER! Situs ini hanya sebagai platform yang memberikan kemudahan dalam memasarkan properti dan memberikan prakiraan pasar wajar berdasarkan penawaran yang ada dalam situs ini. Adapun hasil estimasi dan analysis hanya sebagai gambaran pasar untuk penggunaan pribadi atau internal dan tidak untuk dipergunakan dalam transaksi apapun. Apabila penggunaan yang tidak sesuai ketentuan ini menjadi tanggungjawab pengguna yang berkaitan. Jika anda membutuhkan hasil estimasi untuk dapat digunakan sebagai transaksi pihak ketiga, silahkan Hubungi kami untuk rekomendasi Kantor Jasa Penilai Publik dan Penilai Publik Rekanan kami.

©2022 www.cariaset.com